Language

Monday, August 5, 2013

MATEMATIKA DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN DUNIA KERJA




MATEMATIKA DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN DUNIA KERJA

Matematika adalah ilmu yang mempelajari  tentang hitung menghitung dan segala sesuatunya yang berhubungan dengan logika dan abstraksi. Matematika, ada matematika terapan, cabang matematika yang melingkupi penerapan pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru. Ada juga matematika murni yaitu matematika untuk perkembangan matematika itu sendiri, tanpa adanya penerapan.
Banyak mitos sesat tentang Matematika yang diungkapkan oleh para siswa. Bagi mereka, Matematika merupakan momok besar . Mitos-mitos yang sering bertebaran seperti:
1.      Matematika adalah pelajaran yang sangat sukar. Padahal sukar atau tidaknya itu relatif, menurut pribadi masing-masing. Yang dibutuhkan adalah pemahaman pelajaran Matematika sewaktu SD seharusnya lebih dikuasai, sehingga ketika seseorang telah menguasai maka langkah analisis dan menghitung apapun akan cenderung lebihmudah dan mengasyikkan.
2.      Banyak rumus yang harus dihafalkan. Tidak begitu sepenuhnya, hanya perlu memahami konsep dasar, maka rumus lain yang berhubungan bisa gampang dimengerti dan dihafalkan.
3.      Harus cepat dalam menghitung. Hanya perlu penalaran dan pemahaman konsep unuk menyelesaikan dan setelah itu menggunakan konsep menghitung.
4.      Matematika itu membosankan. Perlu mengerti dan memahami Matematika lebih dalam, maka akan ditemukan Matematika sangat menantang, karena Matematika menjadi salah satu alat penemu solusi sebuah masalah.
5.      Matematika adalah ilmu abstrak, tidak jelas penerapannya dalam kehidupan. Ungkapan tersebut sangat berbeda dengan fakta yang ada sekarang. Penerapan Matematika sangat luas, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari tapi juga dalam berkarir untuk banyak bidang dan gajinya pun tidak sedikit.
Kehidupan kita tidak akan pernah lepas dari matematika, walaupun tidak sadar kita sedang menggunakannya. Matematika berguna di setiap elemen kehidupan tiap tingkat individu, tidak hanya berguna untuk pelajar saja, karena sejatinya Matematika memang ilmu aplikasi sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita. Ternyata Aljabar berguna bagi ibu rumah tangga, seperti memanajemen uang gaji, uang saku anak, uang sekolah anak, dan lain-lain. Selain itu, bagi para pedagang, aljabar juga diperlukan untuk menghitung besar kecil keuntungan atau kerugian yang dapat diperolehnya, dan dapat menentukan besar modal yang harus dipakainya. Untuk siswa, aljabar bisa digunakan untuk manajemen uang saku yang diberikan orang tua setiap minggu.
Persamaan garis yang sepertinya kurang ditemui manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, ternyata bermanfaat  dalam bidang fisika. Pada materi Gerak Lurus Beraturan, digunakan Koordinat Cartesius yang memanfaatkan persamaan garis. Aplikasinya dalam koordinat tersebut, waktu dan jarak tempuh akan membentuk suatu garis lurus sehingga dapat ditentukan penyelesaian untuk permasalahan tersebut. Sedangkan aplikasinya dalam dunia kerja persamaan garis digunakan dalam bidang ekonomi, seperti pengeplotan grafik permintaan dan penawaran. Selain itu, seorang programmer juga memerlukan persamaan garis, aplikasinya yaitu turbo pascal. Contohnya, programmer menggunakan turbo pascal untuk membuat mesin pengambil antrian atau nomor pelanggan yang bila setiap kali ditekan tombol kendalinya maka akan keluar secarik kertas bertuliskan nomor antrian tersebut. Persamaan garis juga dibutuhkan oleh seorang game maker untuk penempatan letak karakter, penempatan obyek-obyek tertentu yang berada di game tersebut.
Aplikasi-aplikasi lain dari Matemarika dalam dunia kerja juga diterapkan di beberapa bidang:
1.   Ilmu penerbangan, yang merupakan penerapan ilmu navigasi, hasil pengembangan ilmu trigonimetri.
2. Ilmu computer programmer terapan ilmu tabulasi atau analisa numerik, hasil pengembangan ilmu aljabar dan kalkulus.
3.   Ilmu ukur tanah (IUT) adalah penerapan ilmu alajabar, hasil pengembangan ilmu aljabar, trigonometri dan hitungan deret ukur/hitung.
4.   Ilmu kependudukan terapan ilmu statistika, hasil pengembangan ilmu stastistika dan  aljabar.
5.  Imu topografi dan pemetaan merupakan ilmu terapan dari kalkulus vektor dan trigonometri.

Ditulis Oleh : furqaan aan

furqaan Anda sedang membaca artikel MATEMATIKA DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN DUNIA KERJA. Anda dipersilahkan menyebar-luaskan artikel ini, dengan catatan jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

No comments:

Post a Comment

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.

Sekian dan terimakasih

Flag Counter

.

Other account : Facebook | Twitter |
Updated © 2013. Limit-sky1 - All Rights Reserved
Blog owned and designed by Furqaan | powered by: Blogger
DMCA.com
     photo cooltext1416786016_zps093ff266.png