Thursday, November 28, 2013

Apa itu Aerodinamika ?




Assalamu'alaikum Wr. Wb and god doing

Kali ini saya mau share ilmu yang cukup penting untuk pengetahuan kalian semua nih biggrin

Okeh  deh langsung aja. Apa itu Aerodinamika?




Aerodinamika adalah ilmu yang mempelajari gerak udara atau gerakan benda gas lainnya serta pengaruhnya terhadap benda yang berada atau bergerak di dalamnya. Ilmu ini mempelajari gaya dan gerakan yang dihasilkan benda saat menembus udara. Besaran fisika yang digunakan dalam aerodinamika adalah kecepatan air udara dan tekanan.

Dalam bidang teknik, tinjauan aerodinamika dari rangka dan mesin suatu kendaraan menjadi bagian penting agar kendaraan dapat digunakan dalam kecepatan tinggi, namun tetap aman dikendaqai. Sebagai contoh,
pada mobil balap dibuat sebuah wing (sayap) yang didesain agar kecepatan aliran udara bagian bawah mobil lebih cepat dibandingkan kecepatan aliran udara diatas mobil, sehingga akan timbul gaya tekan kebawah yang menyebabkan mobil tetap menyentuh jalan pada saat melaju dalam kecepatan tinggi dan memungkinkan pengendaranya untuk dapat mengontrol gerakan mobil tsb.

Dalam mesin mobil dan mesin pesawat , aliran udara juga dimanfaatkan sbg pendingin mesin. Akan tetapi desain dr sistem pendingin ini dibuat dg tidak mengganggu kecepatan gerak mobil atau pesawat.

Contoh yang lain adalah ketika bermigrasi,
Angsa terbang dg membentuk formasi V. Dengan cara ini mereka dapat terbang lebih cepat. Formasi ini merupakan penerapan aerodinamika yg dapat meminimalisasi tekanan angim dari arah depan.

Contoh lain adalah kereta api listrik tercepat di Jepang Shinkansen, memiliki moncong yang lonjong agar tekanan udara di bagian depan kereta dapat diminimalisasi saat kereta maju.

Diterbitkan Oleh : aanFurqaan aan

Christian angkouw Anda sedang membaca artikel tentang Apa itu Aerodinamika ?. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ukang-blogger
Share On:
Comments
0 Comments