Thursday, July 18, 2013

Johnny Alison, Sang Pencetus Pasukan Khusus Udara AS

 

Johnny Alison, Sang Pencetus Pasukan Khusus Udara AS



Kenikmatan menjadi seorang penerbang tempur membawa nama Johnny Alison ke dalam jajaran legenda penerbangan AS.

John Richardson Alison, nama kecil Johnny Alison lahir tahun 1912 di Florida, Amerika Serikat. Orang tua Alison sangat peduli dengan pendidikan ketiga anaknya. Karena itulah saat beranjak remaja Alison pindah dari daerah pedalaman Micanopy ke Gainesville, Florida. Di sinilah jiwa kepemimpinan dan keberanian Alison mulai terlihat. Ia pun mendapat kehormatan menjadi ketua kelas, dan bahkan ketua geng.
Suatu hari saat sedang duduk-duduk di teras sekolah ia mendengar raungan mesin pesawat Curtiss P-1 yang memecah keheningan. Ternyata pesawat tersebut diterbangkan oleh Ralph Ruddy, pemuda lokal yang menjadi penerbang. Seketika saja Alison berpikir ingin menjadi seorang penerbang tempur. Kelak Alison benar-benar menjadi penerbang, bahkan melebihi apa yang ia pikirkan.
Impian tersebut ia bawa sampai ke Universitas Florida di mana ia belajar teknik industri. Setelah menyelesaikan tahun kedua di universitas, Alison meminta izin kepada kedua orang tuanya untuk keluar dari pendidikan yang tengah ia jalani. Sudah bisa dipastikan kedua orang tuanya menolak. Mereka mempersilakan Alison untuk belajar terbang dengan seorang instruktur lokal tanpa meninggalkan bangku kuliah.
Kedua orang tua Alison sebenarnya kurang setuju dengan cita-cita anaknya karena risiko menjadi penerbang tempur yang amat besar. Ayahnya kemudian meminta Alison melupakan cita-citanya dan mencari pekerjaan lain setelah lulus kuliah. Namun Alison terlanjur memantapkan hati untuk mengejar impian menjadi seorang pilot pesawat tempur. Sampai-sampai ia menolak tawaran menjadi surveyor di sebuah instansi pemerintahan yang menjanjikan gaji jauh lebih tinggi dibanding gaji seorang penerbang.


Ditolak mentah-mentah
Semangatnya tinggi, begitu pula kepercayaan dirinya. Ia sangat yakin akan diterima sebagai penerbang Angkatan Laut. Namun ternyata semua di luar dugaan. Alison menyelesaikan seluruh tes dengan baik kecuali tes kesehatan. Ia dinyatakan tidak lulus karena tingginya kurang 0,25 inci. Bahkan sampai Duncan Fletcher, seorang senator Florida memberikan jaminan atas namanya, pihak Angkatan Laut tetap bergeming.
Gagal menjadi penerbang Angkatan Laut tak mematahkan asa Alison. Tahun 1936 ia pergi ke Montgomery, Alabama untuk mencoba peruntungan menjadi penerbang Angkatan Udara karena kabarnya standar tinggi badan di sana tidak setinggi Angkatan Laut. Dan benar saja, Alison lolos dan memulai pendidikannya menjadi penerbang.
Pendidikan dasar ia jalani di Randolph Field, negara bagian Texas. Alison termasuk beruntung karena kebetulan pada saat itu Angkatan Udara sedang melakukan transisi dari pesawat kabin terbuka ke pesawat kabin tertutup. PT-3, Douglas BT-2, dan Seversky BT-8 pernah ia tunggangi saat belajar.
Selepas pendidikan dasar Alison dan kawan seangkatannya melanjutkan ke pendidikan penerbang tingkat atas di Kelly Field, Texas. Di sini Alison menggunakan pesawat pengebom kabin terbuka Keystone, Curtiss Shrike, dan Boeing P-12.


Siswa terbaik
Alison dianggap memiliki kemampuan lebih tinggi dibanding siswa di angkatannya sehingga instrukturnya memercayakan Alison untuk terbang solo lebih awal. Kesempatan ini tidak ia sia-siakan begitu saja. Alison bukan hanya meningkatkan kemampuan manuvernya, namun ia juga mulai belajar aerobatik udara. Sampai lulus di tahun 1937 Alison berhasil mengumpulkan 300 jam terbang, melampaui seluruh siswa seangkatannya.
Lulus dengan pangkat Letnan Dua Alison langsung ditempatkan di 1st Pursuit Group di Pangkalan Udara Langley, Virginia yang terkenal sebagai salah satu pusat inovasi penerbangan militer Amerika Serikat. Di sana ia bergabung dengan para prajurit yang kelak juga menjadi tokoh penerbangan Amerika Serikat, seperti Letnan Satu Curtis LeMAy, Mayor Carl Spaatz, dan Letkol Robert Olds. Di tempat ini pula Alison mulai menerbangkan Boeing YB-17, pesawat tempur modern pertama.

sumber:http://www.angkasa.co.id

Diterbitkan Oleh : aanFurqaan aan

Christian angkouw Anda sedang membaca artikel tentang Johnny Alison, Sang Pencetus Pasukan Khusus Udara AS. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ukang-blogger
Share On:
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.

Sekian dan terimakasih