Sunday, June 8, 2014

About Filipina dan isi-isinya

 oke good night kali ini ukang-blogger bakal posting tentang filipina lengkap dengan isi-isinya
saya mengepost ini karena sy mendapat tugas mencari tentang filipina dan sy tulis kembali dengan lembih singkat . 



  • Luaswilayah : 300.324 km persegi
  • Ibukota : Manila
  • Bentukpemerintahan : Republik
  • Harikemerdekaan : 12 Juni
  • Kepalanegara : Presiden
  • Presiden : Noynoy Aquino
  • Lagukebangsaan : LupangHanirang
  • Jumlahpenduduk : 103.775.002
  • Bahasa : Inggris, Tagalog
  • Agama mayoritaspenduduk : Katolik
  • Mata uang : Peso
  • Bandar udarainternasional : Ninoy Aquino
  • Perusahaan penerbangan : Philippines Airlines (PAL)
Pemerintahan
Nama Filipina (Philippines) berasaldarinama raja Spanyol, yaitu : Philips. Filipina pernahdijajahSpanyolselama 350 tahunlebih, sejaktahun 1521. Padatanggal 12 Juni 1898 Emilio Aguinaldomemproklamasikankemerdekaannegaraini. Hal initerjadisaatnegaraSpanyolkalahperangdenganAmerikaSerikat. NamunternyataPilipinajauhdariartimerdeka yang sebenarnya, karenakemudianAmerikaSerikatmenguasai Filipina berdasarkanPerjanjian Paris, Desember 1898.

Sejakitu Filipina berada di bawahkekuasaanAmerikasampaimemperolehkemerdekaannyalagipadatanggal 4 Juli 1946. Sekarangharikemerdekaandiperingatisetiaptanggal 12 Juni, sedangkantanggal 4 JulidiperingatisebagaihariPersahabatan Filipina danAmerika (Philippines-American Friendship Day)/ Itulahsebabnyanama-nama orang Filipina menggunakannama-nama orang Spanyol, tetapigayahidupdansistempolitiknyaseperti orang AmerikaSerikat.

SejakFebruari 1986 Corazon (Cory) Aquino menjadiPresiden Filipina menggantikan Ferdinand E. Marcos melaluirevolusi "Kekuatan Rakyat" (people power). Cory adalahistrimendiangBenigno (Ninoy) Aquino, lawanpolitik Marcos, yaitutertembakwaktumenginjakkan kaki kembalike Filipina daripengasingannya di AmerikaSerikat, tanggal 21 Agustus 1983. Kemudian Marcos hidupdalampengasingannya di Hawaii salahsatunegarabagiannegarabagianAmerikaSerikat.



Keadaangeografi
Letaknegara Filipina di sebelahutara Indonesia dansebelahtimurHongkong. DengandaratanBenua Asia, Filipina dipsahkanolehLautCina Selatan, di timuradalahSamuderaPasifikdengan Indonesia dipisahkanolehLaut Sulawesi, dengan Malaysia Timurolehlaut Sulu. Secaraastronomis Filipina terletakantara 4 derajatLintang Utara - 21 derajatLintang Utara dan 116 derajatBujurTimur - 228 derajatBujurTimur.

Filipina merupakannegarakepulauan, terdiriatas 7.000 pulau. Tetapihanyasekitar 1.000 pulausaja yang didiamimanusia. Pula-pulau yang agakbesaradalahpulau: Luzon, Mindoro, Samar, Panay, Negros, Palawan, Leyte, Mindanao, Masbate, Cebu, danPulau Bohol. Pulauterbesaradalahpulau Luzon di ujungutaradanpulau Mindanao di ujungselatan.

Manila adalahibukotanegara Filipina terletak di Pulau Luzon. Negara inimemilikibanyakgunungberapi, diantaranya 12 gunungberapi yang masihaktif. GunungMayon di Pulau Luzon terkenalkarenaseringmeletus. Di Filipina setiaptahunselaluterjaditaifun, yaituhujanderas yang disertaidengananginkencang. AnginTaifunbertiupdariSamuderaPasifikmenujuLautCina Selatan.

Penduduk
Filipina merupakannegaraagraris. Olehkarenaitumatapencaharianpenduduk yang utamaadalahpertanian. Hasilpertanianutamaadalahpadi. LembagaPenelitianPadiInternasinal (International Rice Research Institute) terdapat di Los Banos. Lembagapenelitianinibertujuanmenemukanbibitpadiunggul. Hasilpertanian/perkebunanlainnyaadalahtembakau, tebu, kelapa, nenasdanpisang. Hasiltambangdari Filipina adalahemas, perak, mangan, bijihbesidantembaga.

Ekspor Filipina tahun 1986 mencapai US$ 4.842 jutadanimpornya US$ 5.394 juta. Pendapatannasionalnya (1985) adalah US$ 90.500 juta.

Hubungan Filipina dan Indonesia
Filipina adalahsalahsatunegaraanggotadanpendiri ASEAN. AntaraINdonesiadengan Filipina telah lama menjalinhubungandagang.

Indonesia mengeksporminyakbumimentah, besi, baja, alumunium. Sedangkanekspor Filipina keINdonesiaberupagula, kopara. Nilaiekspor Indonesia ke Filipina padatahun 1987 mencapai US$ 59.7 juta, dannilaiimpornyaadalah US$ 118.4 juta.

sekian dulu dari 

Diterbitkan Oleh : aanFurqaan aan

Christian angkouw Anda sedang membaca artikel tentang About Filipina dan isi-isinya. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ukang-blogger
Share On:
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.

Sekian dan terimakasih