Friday, June 6, 2014

Tips menghilangkan rasa nyeri saat beraktivitas seharian



Saat beraktivitas biasanya pikiran terfokus pada pekerjaan di depan mata, tidak jarang pada malam hari barulah timbul rasa nyeri atau lelah sehabis berkerja. Rasa nyeri tersebut patut diwaspadai karena bisa jadi ia merupakan gejala awal dari rusaknya saraf atau neuropati.

dr Muh Hasan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) menjelaskan bahwa Rasa nyeri ini disebabkan oleh lelahnya otot dan saraf karena berkerja diatas batas fisiologis badan. Aktivitas berulang terutama saat berkerja menjadi faktor utama penyebab rasa nyeri.

"Aktivitas dengan gerakan berulang itu (berkerja) memang kewajiban kita, tapi sebenarnya jika sesuai dengan asas fisiologis tidak ada masalah. Masalah muncul kalau gerakan berulang itu pada posisi yang salah dan beresiko neuropati," ujar dr Hasan.

Untuk menghindari resiko sakit tersebut, dr Hasan memberikan beberapa saran yang dapat diikuti.

  1. 1. Cari Posisi yang Nyaman.
    Salah satu cara agar terhindar rasa sakit saat melakukan aktivitas apapun adalah dengan mencari posisi yang nyaman untuk badan. Jika aktivitas kerja seperti dikantor yang melibatkan posisi duduk atau berkendara, carilah posisi duduk yang nyaman bagi postur tubuh.
  2. 2. Sempatkan Istirahat.
    Jika aktivitas dilakukan dalam jangka waktu yang lama, sebelum muncul rasa pegal sempatkanlah melakukan peregangan ringan selama satu hingga dua menit.
  3. 3. Konsumsi Sayur dan Biji-bijian.
    Saat melakukan aktivitas dengan gerakan berulang, saraf pada badan memiliki resiko tertekuk atau terhimpit sehingga menyebabkan rasa nyeri.

    Sayur dan biji-bijian banyak mengandung vitamin B yang diperlukan tubuh untuk meregenerasi sel-sel terutama sel saraf tersebut. Konsumsi sayur dan biji-bijian yang teratur dan seimbang dapat membantu tubuh menghadapi aktivitas sehari-hari.


Sekian dulu Tips dari Ukang-Blogger

Diterbitkan Oleh : aanFurqaan aan

Christian angkouw Anda sedang membaca artikel tentang Tips menghilangkan rasa nyeri saat beraktivitas seharian. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ukang-blogger
Share On:
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.

Sekian dan terimakasih